Kejutan Hitung Cepat versi KAMMI Batam

Jumat, 10 April 2009

Batam Pos

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) Batam tak tinggal diam di pemilu kali ini. Mereka menggelar hitung cepat. 447 sukarelawan disebar ke beberapa TPS di Batam yang ditentukan. Partai yang unggul di tingkat pusat, provinsi, kota dan siapa DPD yang menang?

Inilah hasilnya! DARI hasil penghitungan cepat hingga pukul 21.30 WIB tadi malam (9/4), Partai Demokrat unggul untuk suara DPR RI dengan perolehan suara sebanyak 19,25 persen. Disusul Golkar (16,94 persen), PKS (15,83 persen), PAN (10,36 persen), dan PDI-P (6,69 persen). Di tingkat DPRD Provinsi Kepri, posisi teratas dipegang oleh PKS dengan perolehan suara 18,39 persen. Posisi kedua ditempati PAN dengan 16,70 persen suara. Sementara Partai Demokrat berada di posisi ketiga dengan 14,56 persen. Sedangkan posisi keempat dan kelima masing-masing diduduki Partai Golkar (13,03 persen) dan PDI-P (6,15 persen). Bagaimaan dengan DPRD Kota Batam? Golkar ternyata berada di posisi teratas dengan perolehan suara 19,16 persen. Disusul dua partai yang bersaing ketat yakni PKS (12,13 persen) dan Partai Demokrat (11,21 persen). Partai-partai besar lainnya, seperti PDI-P harus puas berada di posisi keempat dengan perolehan suara sebanyak 9,60 persen.

Posisi selanjutnya ditempati PAN dengan perolehan suara 6,50 persen. Sedangkan untuk hasil sementara perolehan suara DPD RI versi quick count KAMMI, hingga pukul 21.30 WIB tadi malam, Aida Ismeth unggul dari 27 calon lainnya. Aida berhasil meraup suara 21,78 persen. Calon DPD lainnya, Zulbahri menyusul di posisi kedua dengan perolehan suara 12,63 persen. Posisi berikutnya, Hardi S Hood dengan 11,11 persen, Raden Hari Cahyono (7,36 persen). Sedangkan Djasarmen Purba tidak mampu menembus empat besar karena hanya meraup suara 5,39 persen. Untuk sementara Jasarmen harus puas di posisi kelima. Menanggapi hasil hitung cepat ini, Aida Ismeth mengaku bersyukur memperoleh suara tertinggi. ”Alhamdullilah. Semoga niat baik kita membangun Kepri sejahtera, cerdas, dan berakhlak mulia selalu diridhoi Allah SWT,” katanya melalui pesan pendek kepada wartawan koran ini tadi malam (9/4).

Ia juga berdoa agar mendapatkan teman berjuang di DPD yang benar-benar memahami tugas DPD. ”Terutama, tugas DPD dalam memperkuat wewenang DPD di masa-masa yang akan datang,” paparnya. Koordinator penyelenggara quick count KAMMI, Syafrizal mengatakan survei penghitungan cepat ini menggunakan sampel pada 477 TPS dari 1.693 TPS yang ada di Kota Batam. Dengan menggunakan metode Isaac dan Michael dan menggunakan VB programme. Dengan metode ini, tingkat kesalahan (sample error) survei ini cukup rendah, yakni sekitar 1 sampai 2 persen.

Ide penyelenggaraan qucik count ini, kata Syafrizal, tercetus dari kerja sama antara KAMMI Komisariat Batam dengan LPM Paradigma dan Komite Olahraga Politeknik (KOP) serta MathPlus Komputindo, Batam. ”Kami selalu konsultasi dengan Pak Rahmat Sagara dari MathPlus Komputindo,” ujar mahasiswa jurusan Elektro Politeknik Batam yang juga Ketua Umum KAMMI Komisariat Batam ini. Menurutnya, ide tersebut muncul sebagai bentuk kepedulian mahasiswa untuk mengawal jalannya pemilu yang transparan dan bersih. ”Harapannya, pemilu ini akan menghasilkan wakil rakyat yang bersih pula,” kata Syafrizal. Kerja keras tim didukung para teknisi yang kebagian mengoprek program visual basic (VB) yang digunakan dalam survei dan penghitungan cepat. Selain itu, tentunya juga 477 sukarelawan yang disebar di TPS yang menjadi sample survei. Sementara itu pantauan wartawan koran ini di Tanjungpinang hingga pukul 23.20 WIB, hampir semua petugas TPS masih terlihat merekap hasil penghitungan suara. Beberapa anggota KPPS yang dicoba dikonfirmasi mengaku belum dapat memberikan data karena masih sibuk. Namun info yang diperoleh dari kantor Partai Demokrat Tanjungpinang hingga pukul 19.00 WIB, partai ini memperoleh suara sebanyak 3.101 untuk DPR RI. Untuk tingkat provinsi, partai ini mendapat suara 3.109 pemilih. Sedangkan untuk DPRD Kota Tanjungpinang, mendapat 3.157 suara. Partai Merdeka Tanjungpinang hingga pukul 21.00 WIB baru mengumpulkan 700 suara dari sejumlah TPS. Perolehan suara itu masih terus bertambah karena belum semua saksi-saksi partai kembali dari TPS. Sedangkan partai Hanura Tanjungpinang hingga pukul 21.00 WIB, sudah mengumpulkan 2.000 suara. Hasil ini diperoleh dari laporan saksi-saksi TPS yang sudah masuk ke partai. Dari pantauan di TPS 265 Tanjunggayung Sakti, Tanjungpinang, perolehan empat besar untuk DPR RI, yaitu Partai Demokrat 60 suara, PDIP 27, PIB 27 suara, dan Golkar 20 suara.

Untuk DPRD Provinsi, PIB 43 suara, Demokrat 40 suara, PDIP 31 suara, dan Golkar 18 suara. Untuk DPRD Kota, PDIP 44 suara, PKNU 37 suara, Demokrat 37 suara dan PIB 24 suara. Hingga pukul 23.00 WIB, dari Karimun khususnya Kecamatan Meral, belum ada satupun kotak suara yang sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun untuk dapil II Karimun, yakni Moro pada pukul 23.10 WIB diperoleh empat besar untuk DPRD Karimun. Yaitu Golkar 1.000 Suara, PBN 800 suara, Demokrat 500 suara, dan PKS 400 suara. Untuk Kecamatan Karimun Kota, hingga pukul 23.00 WIB, baru 22 kotak suara sampai di PPK. Rekapnya belum bisa dibuka. Untuk Tanjunguban, hingga pukul 23.30 WIB, hasil perolehan suara belum dapat diperoleh. Pasalnya, para petugas TPS masih berada di TPS masing-masing untuk melakukan rekap penghitungan suara. Rekap Perhitungan Suara Masih di KPPS Di Batam, rekapitulasi hasil penghitungan suara di KPPS yang dicatatakan pada formulir C1 (form C1), hingga pukul 00.30 WIB tadi malam belum juga sampai ke tangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam. Padahal, sebelum pencoblosan, KPU sudah bekali-kali mengeluarkan komentar kalau form C1 tersebut sudah harus sampai ke KPU setelah perhitungan di hari pencoblosan itu juga. Hal inilah yang membuat Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ricky Indrakari mendatangi kantor KPU Batam tadi malam. Ia mempertanyakan Surat Edaran KPU Batam Nomor: 280/120/KPU-BTM/IV/2009 tentang ketentuan saksi, yang salah satu isinya membolehkan penyampaian form C1 ke KPU pagi ini, Jumat (10/4). Ricky menjelaskan, keluarnya surat edaran KPU itu membuat persepsi berbeda di tingkat KPPS. Khususnya pada poin ke-6 yang menyatakan, “Salinan berita acara dan sertifikat hasil perhitungan surat suara pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota juga dapat disampaikan kepada saksi partai peserta pemilu paling lambat 1 (satu) hari setelah hari dan tanggal pemungutan suara di TPS, apabila dalam kondisi tertentu KPPS belum dapat menyampaikannya pada hari dan tangal pemungutan suara”. “Situasi tertentu ini yang tak dijabarkan. KPPS menerjemahkannya penyerahanya bisa dilakukan besok (hari ini, red). Harusnya didefinisikan secara jelas biar tidak simpang siur,” kata Ricky.

“Kami sudah melaporkan ke Panwas dan KPU Provinsi Kepri karena potensi kecurangannya tinggi. KPU Provinsi Kepri menyangkan keluarnya surat edaran itu,” kata Ricky lagi. (a/hda/c/uma/iwa/nur)

Iklan

Tentang KAMMI Kepri

Segala informasi dan aktivitas KAMMI Daerah Kepulauan Riau
Pos ini dipublikasikan di In Media. Tandai permalink.

5 Balasan ke Kejutan Hitung Cepat versi KAMMI Batam

  1. azizah_nazi berkata:

    mudah2an ini hasil yg terbaik tahun ini
    yg akan nentuin Indonesia raya
    5 tahun ke depan

    apakah dgn hasil ini
    artinya sudah banyak
    masyarakat yg menjadi pemilih cerdas???

  2. mujahidallah berkata:

    mari kita berhenti sejenak merapatkan barisan.

  3. Gagan berkata:

    semoga Indonesia akan jaya,
    BTW bisa menampilkan perhitungan suara untuk para calegnya juga gak yach?

    wassalam

  4. omiyan berkata:

    ayo kita bersihkan DPR dari anggota dewan korup…

  5. yana berkata:

    KAMMI komsat Batam…
    Mantap……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s